Ketahui Ciri Perut Hamil Berikut Ini!

Perut yang membesar pada wanita bisa terjadi karena dua hal, yakni perut yang buncit dan adanya janin di dalam perut. Tentunya, ada perbedaan di antara keduanya. Pada artikel ini, kita akan membahas ciri perut hamil pada wanita. Simak dengan seksama, ya!

Perut Hamil dan Perut Buncit

Sebagai wanita, menantikan adanya buah hari di kehidupan adalah hal yang paling didambakan. Namun, masih banyak wanita yang bingung dengan perbedaan perut hamil dan buncit. Ada sebagian orang yang mungkin tertipu dengan membesarnya perut mereka. 

Mereka mungkin saja berasumsi bahwa mereka hamil, namun ternyata membesarnya perut mereka hanyalah tumpukan lemak di perut yang menyebabkan perut mereka membesar atau buncit.

Untuk itu, mari ketahui ciri perut hamil berikut agar kamu tidak tertipu. Simak terus informasinya, ya!

1. Inilah ciri-ciri perut buncit 

Sebelum mengetahui ciri perut hamil, kita akan membahas citi perut buncit terlebih dahulu. Perut buncit tidak hanya terjadi karena faktor gemar makan, namun juga menunjukkan masalah kesehatan seperti gangguan perncernaan, gangguan pada organ seperti liver, dll.

Ciri perut buncit yang cukup terjadi dan umum adalah tumpukan lemak yang ada di perut sehingga membuat perut menjadi besar dan seperti berlapis.

Hal ini karena asupan kalori yang berlebih dalam tubuh. Idealnya, wanita butuh sekitar 2.000 kalori per hari yang berdasarkan beberapa aspek yakni, usia, proporsi tubuh, dan aktivitas fisik.

Saat asupan kalori yang masuk dalam tubuh berlebihan, tubuh kita secara otomatis akan menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak pada semua anggota tubuh, tidak terkecuali perut.

Selain itu, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat memicu terjadinya perut buncit. Berikut adalah ciri-ciri perut buncit.

  • Perut kita terasa kenyal saat disentuh
  • Perut terlihat berlapis-lapis atau bergelambir
  • Tidak adanya tonjolan di dalam perut (janin)

2. Ciri perut hamil, apa saja? 

Setelah mengetahui ciri perut buncit, kini mari kita beralih ke ciri perut hamil. Simak informasinya berikut ini, ya!

Seiring dengan berkembangnya janin di masa kehamilan, perut akan secara otomatis membesar karena ada janin di dalamnya yang ikut tumbuh dan berkembang. Berikut adalah beberapa ciri perut hamil yang harus kamu ketahui.

  • Merasakan mual dengan atau tanpa muntah
  • Umumnya mengalami gangguan pencernaan yakni sembelit
  • Lebih sering buang air kecil dari biasanya
  • Mudah merasa letih dan lelah
  • Adanya bercak atau flek yang keluar dari vagina
  • Sering mengalami pusing dan sakit kepala
  • Sering merasa nyeri di bagian punggung atau pinggang
  • Adanya perubahan warna areola payudara

Selain itu, cobalah tekan perut untuk mengetahui hamil atau tidaknya, karena jika kamu hamil, perutmu akan sulit untuk dicubit. Perut hamil biasanya tidak berlapis atau bergelambir seperti perut buncit, melainkan terasa ‘penuh’ karena adanya janin di dalam perut kamu.

Untuk membedakan ciri perut hamil dan buncit sebenarnya tidaklah sulit berdasarkan fakta-fakta yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk mengetahui apakah kamu sedang hamil atau tidak, kamu bisa menggunakan alat pendeteksi kehamilan seperti test pack atau bisa langsung pergi ke dokter untuk hasil yang lebih valid dan terpercaya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir karena sudah mengunjungi dokter kandungan yang terpercaya.

Itulah perbedaan ciri perut hamil dan buncit yang harus kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa membantu dan menjawab pertanyaan kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *